Jumat, 15 Maret 2013

Press Release Lomba SKACI KREATiF 2013

SKACI KREATiF 2013
Adu Jago Kreasi Teknologi, Informasi, dan Komputer
“ICT Heroes Save Nation”

Pendahuluan
SKACI adalah sebuah institusi pendidikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang istimewa. Keistimewaannya terletak pada metode ajar, metode penyelenggaraan, dan bukti hasil nyata berupa prestasi yang diraih oleh para muridnya.

Metode ajar SKACI bertumpu pada prinsip entertainducation: murid dikondisikan senang saat belajar. Saat ini SKACI berfokus pada pengajaran pemrograman dan pembuatan animasi, aplikasi, dan game (edukatif) bagi anak-anak usia SD dan SMP. SKACI menggunakan game sebagai media untuk pembelajaran. Kita
semua tahu, hampir semua anak senang memainkan game. Saat belajar, mereka diminta bermain "game", yang sebenarnya adalah justru membuat game baru. SKACI menjadi pemenang Telkom Indigo Venture 2012 atas inovasi pembelajaran ini.

Metode penyelenggaraan SKACI mengadopsi prinsip wirausaha sosial yang sekaligus menjadi alternatif solusi masalah pengangguran. SKACI menyasar para pemuda lulusan SMA/SMK, yang setiap tahunnya mayoritas menjadi penganggur. Secara online di www.skaci.com, mereka belajar mandiri modul-modul ajar dan ikut serta ujian kompetensi. Yang lulus akan bisa langsung menjadi tutor les privat dan guru ekskul TIK di sekolah-sekolah terdekat.

Murid-murid SKACI telah mendominasi peserta finalis dan juara lomba TIK tingkat nasional kategori SD sejak berdiri di tahun 2010. Catatan apresiasi atas murid SKACI sampai saat ini: lebih dari 30 penghargaan telah diterima, lebih dari 10 stasiun TV meliput, lebih dari 30 media mewawancara dan memberitakan, lebih dari 5 menteri/petinggi negara mengundang, termasuk Presiden SBY dan mantan presiden Habibie. Masih jarang institusi pendidikan semuda SKACI yang memiliki catatan prestasi murid secemerlang ini!
SKACI KREATiF 2013

KREATiF adalah singkatan dari Kompetisi REmaja dan Anak-anak di bidang Teknologi InFormasi dan Komunikasi KreatiF. Kompetisi ini terbuka bagi seluruh murid SD dan SMP dan yang sederajat yang berstatus WNI dari seluruh dunia. Pendaftaran dibuka secara online mulai tanggal 15 Maret 2013 di situs web kreatif.skaci.com, dan ditutup tanggal 7 Juni 2013 pukul 23.59. Kompetisi bertema "Solusi untuk Bangsaku", dan karya dapat berupa animasi, aplikasi, game, komik digital, poster digital, film pendek, atau format multimedia lain. Informasi lengkap ada di situs web KREATiF dan web serta blog SKACI.

Pendukung Penyelenggaraan
SKACI KREATiF 2013 terselenggara atas kerjasama Kelompok Keilmuan Teknologi Informasi STEI ITB, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, SKACI Bandung Pusat, dan Saung Angklung Udjo, serta didukung oleh para sponsor dan rekanan media.

Tujuan Penyelenggaraan
SKACI KREATiF 2013 adalah salah satu upaya untuk mengurangi dampak buruk derasnya penetrasi TIK bagi anak-anak dan remaja. Tanpa pendidikan ke arah positif, kreatif, dan inovatif, mereka sangat rentan terbawa arus menjadi konsumen dan korban dampak buruk TIK. Selain itu, bagi mereka yang sudah memiliki hasil karya, kita berikan apresiasi dan penghargaan. Secara keseluruhan, kita berupaya mengejar ketinggalan dari anak-anak dan remaja negara-negara lain, yang saat ini telah menghasilkan lebih dari tiga juta karya, yang saling dipertukarkan di komunitas berbagi dunia secara online. Kita menyiapkan generasi mendatang yang tidak terlalu jauh ketinggalan dalam bidang TIK ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Back To Top