Rabu, 13 Mei 2015

ASEAN Cyberkids Camp 2015 (ACC 2015)

ACC 2015 adalah sebuah ajang lomba kehebatan anak-anak SD tingkat ASEAN dalam bidang komputer kreatif. Lomba ini merupakan aksi nyata Sekretariat ASEAN dalam mendorong agar anak-anak di negara anggotanya membekali diri dengan Keterampilan Abad XXI (21st Century Skills), khususnya adaptability & flexibility, critical thinking & problem solving, creativity & innovation, communication & collaboration, cross-cultural awareness, danICT literacy.

Dalam ACC 2015, kemampuan komputer kreatif para peserta akan diuji secara murni dan mandiri. Setiap negara mengirimkan dua anak SD terbaiknya yang berusia di bawah 12 tahun untuk membentuk sebuah tim, didampingi seorang tutor/guru dewasa. Pada hari perlombaan, setiap tim ini akan diberi tantangan instan berupa sebuah topik yang dipilih secara acak pada awal lomba. Setiap tim akan mulai membuat karya multimedia interaktif dari nol, dengan menggunakan komputer, tanpa bantuan siapapun, dan tanpa koneksi Internet. Mereka diberikan komputer kosong dengan program SCRATCH yang baru diinstalasi. Total waktu yang diberikan, termasuk waktu untuk makan dan rehat mandiri, tidak lebih dari 8 jam.

Apakah sebuah tim dua anak usia 11 tahun mampu membuat karya game/animasi/aplikasi multimedia, padahal mereka tidak dibantu siapapun, tanpa koneksi Internet, dan topik yang diberikan adalah tiba-tiba dan acak? Ya, mereka ini luar biasa! Hasil pelatihan delegasi Indonesia selama ini, dalam 3 jam saja, mereka sudah dapat membuat ide, rancangan, dan karya yang cukup baik (lihat gambar di bawah). Mereka adalah generasi digital, komputer dan gawai adalah dunia mereka sehari-hari. Mereka sudah seharusnya mendapat arahan terbaik bagaimana menggunakan teknologi untuk kemanfaatan, bukannya menjadi penyalah-guna dan korban dampak negatif teknologi. Kehebatan dan kiprah mereka dapat dijadikan inspirasi bagi jutaan anak-anak ASEAN, termasuk anak-anak Indonesia.

Meskipun lombanya hanya 8 jam, tetapi seluruh rangkaian acara berlangsung 3 hari, yaitu tanggal 8-10 Juni 2015. Hari pertama adalah sambutan kedatangan. Di hari kedua, waktu 8 jam digunakan untuk lomba kehebatan membuat karya, bertempat di Internet Plaza, Cyber Security Center, ITB, Kampus Jatinangor. Pada hari ketiga, anak-anak diajak jalan-jalan ke Trans Studio, lalu sore dan malamnya acara pengumuman pemenang dan makan malam perpisahan.

Saat ini, sudah delapan negara ASEAN telah mendaftarkan para delegasinya untuk ikut lomba. Mohon bantuan menyiarkan kabar positif ini. Seluruh kegiatan dibiayai oleh Sekretariat ASEAN dan kontribusi sejumlah pihak pendukung.


Informasi lebih lanjut:
Web    : asean.skaci.com
Email  : humas@skaci.com
HP      : 0853-2121-8800
Video  : https://youtu.be/5gmH1xsaOqo
Back To Top